Rabu, 16 Oktober 2013

Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan, LSU Bina Insani


Menurut para ahli komponen yang terkait dengan mutu pendidikan adalah; 1) siswa : kesiapan dan motivasi belajarnya, 2) guru : kemampuan profesional, moral kerjanya (kemampuan personal), dan kerjasamanya (kemampuan sosial). 3) kurikulum : relevansi konten dan operasionalisasi proses pembelajarannya, 4) dan, sarana dan prasarana : kecukupan dan keefektifan dalam mendukung proses pembelajaran, 5) Masyarakat (orang tua, pengguna lulusan) : partisipasinya dalam pengembangan program-program pendidikan sekolah, LSU Bina Insani sebagai lembaga yang memberikan layanan pendidikan bagi masyarakat mempunyai komitmen yang kuat untuk  selalu memberikan layanan pendidikan yang berkualitas. Beberapa strategi untuk memwujudkan pelayanan pendidikan yang berkualitas lebih menitik beratkan pada penyiapan SDM, baik dari unsure Guru, Siswa dan Wali murid dengan beberapa kebijakan sebagai berikut.
a.    Memberikan penguatan kapasitas secara berkelanjutan pada Guru di Bawah naungan LSU Bina Insani
Guru merupakan faktor yang sangat dominan dan paling penting dalam pendidikan formal pada umumnya, seperti yang dikemukakan oleh Cecewijaya dan Tabrani Rusyam, (1992: 2), bahwa “ Guru merupakan pendidik dan pengajar tokoh teladan bahkan tokoh identifikasi diri, Oleh karena itu Guru seyogyanya mempunyai perilaku yang memadai untuk dapat mengembangkan diri siswa secara utuh”.
Hasil Penelitian Pusat Informatika Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, menunjukkan bahwa Guru yang berkualitas mempunyai hubungan dengan kualitas pendidikan (Depdikbud,1994: 64). Oleh karena itu betapa pentingnya pembinaan profesional Guru secara terarah dan terprogram untuk meningkatkan kemampuan dan gairah mengajarnya, sehingga penampilan mengajarnya dapat lebih efektif dan efisien.
b.    Memberikan penguatan motivasi secara berkelanjutan pada Siwa di Bawah naungan LSU Bina Insani
Motivasi mempunyai peranan yang cukup besar di dalam upaya belajar. Tanpa motivasi, siswa tidak mungkin melakukan kegiatan pembelajaran. Motivasi merupakan tenaga dari dalam yang menyebabkan seseorang untuk berbuat sesuatu. Energi yang di timbulkan motivasi dapat mempengaruhi gejala kejiwaan, misalnya adalah perasaan. perasaan akan timbul simpati yang menyebabkan kegiatan belajar siswa yang memiliki motivasi belajar yang kuat, kemungkinan akan dapat melakukan belajar dengan sebaik-baiknya.

Rendahnya motivasi belajar siswa akan membuat mereka tertarik pada hal-hal yang negative. Raymond J.W dan Judith(2004:22) mengungkapkan bahwa secara harfiah anak- anak tertarik pada belajar, pengetahuan, seni (motivasi positif) namun mereka juga bisa tertarik pada hal–hal yang negative  seperti minum obat- obatan terlarang, pergaulan bebas dan lainnya. Motivasi belajar anak-anak muda tidak akan lenyap tapi ia akan berkembang dalam cara-cara yang bisa membimbing mereka untuk menjadikan diri mereka lebih baik atau juga bisa sebaliknya. Hal inilah yang harus diperhatikan oleh orang tua dan guru.
c.    Memberikan penguatan tentang parenting secara berkelanjutan kepada wali siwa di bawah naungan LSU Bina Insani
Wali murid juga turut bertanggung jawab atas keberhasilan pendidikan putra-putrinya. Meskipun wali murid telah menyerahkan sepenuhnya tanggung jawab untuk mendidik anaknya kepada sekolah, namun perlu diketahui bahwa jika dibandingkan, waktu belajar di sekolah dengan waktu berada di rumah masih lebih banyak waktu berada di rumah. Inilah fungsi kontrol yang utama oleh orang tua dalam kaitannya dengan keberhasilan pendidikan. Pada umumnya, orang tua sudah merasa bahwa urusan pendidikan anaknya sudah diserahkan kepada sekolah, sehingga mereka para orang tua kurang memperhatikan perkembangan anaknya. Padahal waktu di rumah itulah yang kemungkinan besar digunakan untuk berbagai hal yang kurang mendukung pembelajaran di sekolah, misalnya hanya bermain saja, nonton televisi, dan kegiatan lain yang dilakukan anak selama di rumah. Dalam hal ini peranan orang tua sangat dibutuhkan sebagai kontrol anak ketika berada di lingkungan keluarga di rumah.

Tidak ada komentar: