Sabtu, 24 Desember 2011

Sarasehan " Kompetensi dan Kesejahteraan Guru Swasta "

Bila pendidikan disepakati sebagai jalan menuju kehidupan yang lebih baik dan lebih sejahtera, yang perlu dibenahi segera adalah kualitas guru, karena kualitas guru menjadi faktor dominan dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Selama guru masih dimarginalkan, tidak menjadi prioritas, pendidikan akan sulit untuk menjadi berkualitas. Meski bukan satu-satunya, mutu pendidikan sangat terkait dengan tingkat kesejahteraan guru.

Dalam hal kesejahteraani, guru sekolah negeri yang sebagian besar adalah PNS tentu saja lebih baik daripada guru sekolah swasta yang digaji oleh yayasan atau lembaga pengelola. Walaupun memang untuk beberapa sekolah swasta favorit gaji gurunya bisa menyamai guru swasta. Padahal guru sekolah swasta juga mempunyai beban kerja yang sama bahkan lebih berat dalam rangka ikut mencerdaskan anak bangsa. Banyak sekolah swasta menerima murid yang tidak diterima di sekolah negeri dengan kemampuan akademik dan ekonomi yang pas-pasan. Tentu saja beban guru dalam mendidik anak bangsa ini juga lebih berat.

Untuk Menjawab problematika tersebut pada hari Sabtu 24 Desember 2011 bertempat di SD IT Logaratima Karanganyar LSU Bina Insani mengadakan Sarasehan Tentang “ Kompetensi dan Kesejahteraan Guru “. Kegiatan tersebut dihadiri Guru PAUD, Guru TK, Guru SD dan Guru SMP yang berada dibawah naungan LSU Bina dengan Narasumber Bangian Tendik Dikpora Kabupaten Kebumen.

Tidak ada komentar: