Senin, 07 Oktober 2013

Bina Insani Menyelenggarakan Sosialisasi Kurikulum 2013



Kurikulum 2013 dirancang untuk memperbaiki kompetensi. Dalam kurikulum ada empat standar yang diperbaiki. Yaitu standar kompetensi lulusan, standar isi, standar proses, dan standar penilaian/evaluasi. Berbeda dengan kurikulum terdahulu yang kompetensinya berdasarkan mata pelajaran, di kurikulum 2013 pola pikir tersebut diubah. Output ditentukan terlebih dahulu, baru kemudian ditentukan apa saja kompetensi isi dan proses yang dibutuhkan. Karena dari berbagai sumber tentang metodologi, selalu dikatakan bahwa output tidak pernah sejajar dengan proses.

Selain itu, untuk memaksimalkan potensi guru dalam menyampaikan pelajaran kepada siswa, di kurikulum 2013 guru tidak lagi dibebani untuk membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) atau silabus. Tugas tersebut diambil alih oleh pemerintah. Pengambilalihan tugas tersebut, kata Mendikbud, bukan untuk memotong kreativitas guru. Karena silabus yang dirancang pemerintah merupakan satuan minimal yang masih bisa dikembangkan oleh masing-masing guru.

Dalam rangka persiapan diterapkannya kurikulum nasional tahun 2013, LSU Bina Insani menyelenggarakan sosialisasi bagi guru SMP, SD dan MI yang berada dibawah naungan LSU Bina Insani.  Acara yg dihadiri oleh sekira 40 guru bertempat SD IT Logaritma Karanganyar.  Para guru sangat antusias mendengarkan penjelasan yang disampaikan oleh narasumber Drs. Teguh Supriyadi, MPd  (Kordinator Pengawas Dikpora Kabupaten Kebumen )
Untuk lebih memperdalam  kurilkulum 2013 kegiatan sosialisasi ini akan ditindaklanjuti dengan  diadakan workshop pada masing masing jenjang pendidikan dibawah LSU Bina Insani.

Tidak ada komentar: