Senin, 07 Oktober 2013

EVALUASI ADVOKASI PERLINDUNGAN ANAK BERBASIS KOMUNITAS

Program Advokasi Perlindungan Anak Berbasis Komunitas Tahap I Kerjasama antara Plan dan LSU Bina Insani Telah berakhir. Untuk mengetahui tingkat keberhasilan program tersebut pada tanggal 19 s/d 20 Juni 2013 diadakan Evalausi dengan pendekatan partisipatif. Evaluasi partisipatif sengaja di pilih agar mendapat penilaian secara proporsional dan komprehensif dari sisi donor, pelaksana program, mitra program dan penerima manfaat langsung maupun tidak langsung. Agar Akuntabilitas tidak hanya pada tataran aministrasi dan laporan.
Evaluasi adalah untuk memastikan bahwa kegiatan /proyek berjalan pada jalan yang benar, sedangkan monitoring  adalah untuk memastikan bahwa kegiatan/proyek tetap berjalan pada jalan yang sesui dengan rencana
Tujuan dilakukanya Evaluasi Partisipatif  ini adalah sebagai  berikut :

a.     Untuk mengetahui tingakat efektifitas dan efesiensi suatu kegiatan sekaligus untuk mengukur seobjektif mungkin hasil pelaksanaan kegiatan
b.      Untuk membuat perbaikan pelaksanaan kegiatan
c.       Untuk menyempurnaan perencanaan kegiatan
d.      Untuk menyempurnakan kebijkan pengembangan
Sedangkan cakupan darri Evaluasi Program Advokasi Perlindungan Anak Berbasis Komunitas adalah sebagai berikut :
a.    Performace ( kinerja ) kegiatan dan hasil yang telah dicapai dengan membandingakan dengan target yang dicanangkan
b.     Keabsahan dari suatu perencanaan kegiatan dengan meninjau ulang asumsi asumsi yang di gunakan
c.     Tingkat efesiensi dan efektifitas kegiatan 
Dari hasil evaluasi yang dilaksanakan selama dua hari tersbut dihasilkan beberpa rekomendasi untuk kegiatan yang akan datang, namun secara umum  kinerja LSU Bina Insani dalam menjalankan Program Advokasi Perlindungan Anak Berbasis Komunitas dinilai oleh para peserta berhasil dengan sangat baik. 
Keberhasilan ini tentunya atas kerja keras tim LSU Bina Insani, serta kerjasama yang baik dari mitra program baik itu Pemerintah Desa sasaran, Forum KPAD serta tentunya berkat Pertolongan Alloh.

Tidak ada komentar: