Minggu, 30 Oktober 2011

Pelatihan ICT Bagi Guru Guru Di Lingkunagn Bina Insani

Guru-guru di pada LSU Bina Insani harus melek teknologi. Perkembangan teknologi dan informasi (ICT) yang sedemikian pesat menuntut guru harus meninggalkan metode-metode konvensional. Guru professional adalah guru yang juga mampu menguasai tehnologi informasi dan komunikasi. Tuntutan ke depan bahwa guru harus mampu menyusun dan mengembangkan program pembelajaran yang memanfaatkan tehnologi informasi dan komunikasi (Information Communication Tehnology) atau ICT.

Teori belajar behaviorisme berpandangan bahwa proses pembelajaran terjadi sebagai hasil pengajaran yang disampaikan guru melalui atau dengan bantuan media (alat). Sedangkan teori belajar konstruktivisme berpandangan bahwa media digunakan sebagai sesuatu yang memberikan kemungkinan siswa secara aktif mengkonstruksi pengetahuan. Kozma (1991) menyatakan bahwa media dapat dibedakan dari teknologi (mekanik, elektronik, bentk fisik), sistem simbolik (karakter alpha-numerik, objek, gambar, suara) serta sarana yang digunakan (radio, video, komputer, buku).

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) mencakup dua aspek, yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi. Teknologi Informasi meliputi segala hal yangberkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Teknologi komunikasi mencakup segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentrasfer data dari perangkat yang satu kelainnya. Karena itu, penguasaan TIK berarti kemampuan memahami dan menggunakan alat TIK secara umum termasuk komputer (Computer literate) dan memahami informasi(Information literate). Tinio mendefenisikan TIK sebagai seperangkat alat yangdigunakan untuk berkomunikasi dan menciptakan, mendiseminasikan, menyimpan, danmengelola informasi. Teknologi yang dimaksud termasuk komputer, internet, teknologipenyiaran (radio dan televisi), dan telepon. UNESCO (2004) mendefenisikan bahwa TIKadalah teknologi yang digunakan untuk berkomunikasi dan menciptakan, mengelola danmendistribusikan informasi. Defenisi umum TIK adalah computer, internet, telepon,televise, radio, dan peralatan audiovisual.

Bertitik tolak dari adanya kenyataan tersebut, maka LSU Bina Insani pada hari minggu 30 Oktober 2011 bertempat di SD IT Logaritma melaksanakan kegiatan Pelatihan Pemanfaatan ICT
Pelatihan dimaksudkan agar para guru dilingkungan LSU Bina Insani mampu menguasai ICT yang nantinya bisa dimanfaatkan untuk membantu proses belajar mengajar menjadi lebih maksimal sesuai kondisi kekinian,

Tidak ada komentar: