Sabtu, 23 Juni 2012

Meningkatkan Kualitas Pendidik Pada Liburan Sekolah Th 2012





Mulai hari senin, semua sekolah dan juga siswa di jawa tengah libur. Libur? ya. Pasti seneng bukan?. Meski telah memasuki masa liburan sekolah bukan berarti sepi aktifitas kependidikan. Sekolah boleh libur, namun harap dicatat; belajar tak boleh libur, belajar tak boleh berhenti apa lagi bagi seorang guru ia harus terus menjadi seorang pembelajar walaupun dalam masa masa liburan sekolah.

Guru merupakan salah satu komponen terpenting dalam dunia pendidikan. Ruh pendidikan sesungguhnya terletak dipundak guru. Bahkan, baik buruknya atau berhasil tidaknya pendidikan hakikatnya ada di tangan guru. Sebab, sosok guru memiliki peranan yang strategis dalam ”mengukir” peserta didik menjadi pandai, cerdas, terampil, bermoral dan berpengetahuan luas. Selain standar profesi, guru perlu memiliki standar sebagai berikut: 1.Standar fisik: guru harus sehat jasmani, berbadan sehat, dan tidak memiliki penyakit menular yang membahayakan diri, peserta didik dan lingkungannya. 2. Standar psikis: guru harus sehat rohani, artinya tidak mengalami gangguan jiwa ataupun kelainan yang dapat mengganggu pelaksanaan tugas profesionalnya. 3. Standar mental: guru harus memiliki mental yang sehat, mencintai, mengabdi, dan memiliki dedikasi yang tinggi pada tugas dan jabatannya. 4. Standar moral: guru harus memiliki budi pekerti luhur dan sikap moral yang tinggi. 5. Standar sosial: guru harus memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dan bergaul dengan masyarakat lingkungannya. 6. Standar spiritual: guru harus beriman kepada Allah yang diwujudkan dalam ibadah dalam kehidupan sehari-hari.

Menyadari hal tersebut dalam masa liburan ini Yayasan Bina Insani berencana menggelar tiga kegiatan dalam rangka meningkatkan kulaitas guru ( KB,TK,SD dan SMP ) di linkungan lembaga Bina Insani. Tiga kegiatan tersebut adalah :

1. Meningkatkan Pemahaman dan Pengetahuan
Untuk membangun Pemahaman dan Pengetahuan direncakan kegiatan in hause training. Program pelatihan ini merupakan pelatihan yang diselenggarakan di tempat peserta pelatihan. Menggunakan peralatan kerja peserta pelatihan dengan materi yang relevan dan merupakan permasalahan yang sedang dihadapi dengan narasumber dan fasilitator dari Dikpora kab kebumen dan akademisi. Kegiatan in hause training di pusatkan di SD IT Logaritma Karanganyar pada tanggal 2/3 Juli 2012.

2. Meningkatkan Mentalitas dan Spiritual
Agar guru di lingkungan Lembaga Bina Insani mempunyai Standar psikis: Standar mental: Standar moral: Standar spiritual pada masa Liburan ini direncanakan Kegiatan Kajian Ke Islaman berkala ( setiap hari Jum”at dan Sabtu ) dengan tentor ustadz Popes Daruth Thoyyibah.

3. Meningkatkan Ketrampilan
Sedang untuk meningkatkan keterampilan guru di Lingkungan Lembaga Bina Insani agar dapat melaksanakan tugas dan kewajibannya dengan baik dan professional direncakan kegiatan pelatihan Teknologi Informasi Komunikasi. Pelatihan TIK bagi guru dilakasanakan bekerja sama dengan PKBM Bina Insani

Dengan kegitan kegitan tersebut diharapkan akan dapat meningkatkan Kualitas Guru yang pada akhirnya bermuara pada meningkatnya Kualitas / Mutu lemba lembaga pendidikan di lingkungan Bina Insani.

Tidak ada komentar: