Kamis, 24 Maret 2011

Ajari Anak Anak Mengenal Potensi Daerah

Tidak banyak publikasi atas keberadaan batik tulis asli Kebumen, Jawa Tengah, yang dilakukan para perajin ataupun stakeholders (pemangku kepentingan). Padahal, secara kualitas dan potensi pasarnya sangat menjanjikan. Berdasarkan informasi dari masyarakat produsen, pelaku usaha maupun asosiasi perajin batik dari daerah pesisir selatan di daerah Jawa tengah tersebut, kegiatan membatik dan bisnisnya sebenarnya sudah dikenal selama tujuh turunan.

Batik Kebumen ternyata sangat menarik baik dilihat dari sisi motif maupun seni pewarnaannya. Ungkapan kekaguman itu datang dari bukan sembarang orang. Pernyataan itu datang dari seorang designer terkenal di negeri ini, yang kini menjadi anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI: Poppy Susanti Dharsono., mewakili Jawa Tengah dalam acara kunjungan kerja masa reses tahun 2010.

Namun apa jadinya ketika ketika potensi daerah ini tidak di kenal oleh genarsi muda di kabupaten kebumen, tentunya kekayaan dan kearifan lokal ini lambat laun akan hilang dari bumi kebumen. Berkaitan dengan hal tersebut belum ini siswa klas VI SD IT Logaritma menlakukan study wisata ke pengrajin batik desa Jemur Kecamatan Pejagoan Kab. Kebumen.

Tidak ada komentar: