Sabtu, 15 Januari 2011

Menggagas Pusat Dakwah, Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat. ( PPPM – Bina Insani )

Kondisi umat yang belum memahami Islam secara benar dan utuh, Lemahnya kualaitas SDM serta kemiskinan dan kemunduran ekonomi menjadi PR yang berat bagi umat Islam . Sementara arus globalisasi ( westernisasi ) melanda di segala bidang dan menyeruak sampai wilayah wilayah pedesaan. Globalisasi disamping membawa manfaat disisi lain juga membawa tantangan dan efek buruk. Hal ini tentunya menuntut umat Islam untuk menyikapi dan bertindak secara tepat dan cerdas dengan tetap berpedomanan pada nilai dan syariat Islam.
Memahami kondisi diatas LSU Bina Insani sebagai sebuah lembaga yang mempunyai visi untuk memajukan peradaban yang berdasar pada nilai nilai Islam mempunyai rencana jangka panjang untuk mendirikan Pusat Dakwah, Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat dengan mengadopsi dan memadukan konsep pesantren, pedepokan dan PKBM ( Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat ). Lokasi pembangunan direncanan di Kecamatan Karanggayam dengan memanfaatkan tanah wakaf ( dengan luas 1 Ha ) yang telah diamanahkan kepada LSU Bina insani.
Pusat Dakwah, Pendidikan dan Pemberdayaan Masayarakt ( PPPM Bina Insani ) diharapkan menjadi pusat ibadah, tempat pembelajaran ilmu agama, tempat pendidikan formal dan non formal ( pendidikan kesetaraan dan kursus kursus ketrampilan) , tempat demplot pertanian dan peternakan serta sebagai tempat untuk diskusi dan pertemuan masyarakat dalam memecahkan problematikan kehidupan. Ini memang sebuah gagasan besar yang tentunya juga membutuhkan sdm dan biaya yang besar untuk itulah kami mengundang partisipasi pihak pihak yang mempuyai kepedulian terhadap kemajuan umat Islam.

Tidak ada komentar: