Minggu, 07 November 2010

PKBM Bina Insani Sebuah Tantangan Kedepan

Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) adalah suatu wadah berbagai kegiatan pembelajaran masyarakat diarahkan pada pemberdayaan potensi untuk menggerakkan pembangunan di bidang sosial, ekonomi dan budaya.
Tujuan Pendirian PKBM Bina Insani yang di Ketuai Oleh Ustadz Sudianto, S. Ag adalah memperluas kesempatan warga masyarakat, khususnya yang tidak mampu untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap mental yang diperlukan untuk mengembangkan diri dan bekerja mencari nafkah. Dalam mencapai tujuan tersebut beberapa program pendidikan luar sekolah pernah diselenggarakan oleh PKBM Bina Insani dari Program Paket C, Pelatihan Menjahit, Pelatihan Komputer, Kursus Bahasa Inggri, Taman Bacaan Masyarakat dan penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini ( PAUD ).
Namun akhir akhir ini intensitas kegiatan yang di selenggarakan PKBM Bina Insani sedikit menurun, ini tentunya sebuah tantangan yang harus segera dijawab oleh segenap jajaran pengelola PKBM Bina Insani. Program dan kegiatan baru selakyaknya disusun dengan memperhatikan karakter sebagai berikut :
1. Keperdulian terhadap yang lebih berkekurangan
2. Kemandirian dalam penyelenggaraan
3. Kebersamaan dalam kemajuan
4. Kebermaknaan setiap program dan kegiatan
5. Kemitraan dengan semua pihak yang ingin berpartisipasi dan berkontribusi
6. Fleksibilitas program dan penyelenggaraan
7. Pembaharuan diri yang terus menerus (continuous improvemen).

Tidak ada komentar: