Selasa, 22 Juni 2010

Halaqoh " Membangun Generasi Qur ani Sejak Dini " Bersama Ketua LSU Bina Insani


Dengan berbekal Alquran dan Sunah, seorang anak akan mampu menghadapi ujian hidup.Perkembangan zaman, ilmu pengetahuan, teknologi serta industri yang begitu hebat telah membuat tantangan hidup semakin berat.Karenanya, Rasulullah SAW diakhir hayatnya berpesan kepada umatnya: ''Aku tinggalkan untuk kalian dua perkara. Kalian tidak akan sesat selama berpegangan dengannya, yaitu Kitabullah (Alquran) dan Sunah Rasulullah SAW.'' (HR Muslim)dapun cara terbaik membangun generasi Qurani dengan menggunakan rumus 4 M + 1 A yaitu membaca, menghayati, mengamalkan, dan membumikan Al Quran.
Pertama, Membaca
Membaca Al Qur’an memiliki nilai ibadah atau dapat menambah pahala bagi setiap pribadi seorang muslim, yang selalu mencari keridhaan Allah SWT.
Kedua, Menghayati
Menghayati dapat diartikan memahami makna terdalam dari Al Quran. Dimulai dari mengetahui arti ayat yang dibaca, kemudian memahami isi kandungannya.
Ketiga, Mengamalkan
Nabi Muhammad SAW. tidak saja memerintahkan kepada umatnya untuk membaca dan menghayati Al Quran, lebih dari itu Nabi menyuruh kepada umatnya untuk mengamalkan isi kandungan Al Quran dalam kehidupan.
Keempat, Membumikan
Membumikan Al Quran merupakan integrasi dari membaca, menghayati dan mengamalkan Al Quran. Membumikan berarti adanya kontinuitas untuk mengamalkan sekaligus mensyiarkan Al Quran dalam kehidupan

3 komentar:

Anonim mengatakan...

Mari kita kaji Al Quran dan terapkan dalam keseharian berbangsa dan bernnegara. Allohu akbar.

Anonim mengatakan...

Jadilah Al Quran berjalan sebagaimana Rasululloh SAW.

Wasim Al Kabumainy mengatakan...

Asslm...salam ukhuwah Islamiyah...smga kita sllu dalam ridho-Nya...